kkumpulan doa doa islami
Tuesday, June 19, 2018

penerimaan diri apa adanya adalah modal awal untuk sukses

Tips penerimaan diri apa adanya adalah modal awal untuk sukses

Ingatkah sobat ketika masih remaja,berkaca di depan cermin,mengomentari diri sendiri dengan nada tidak puas,?setiap lekuk wajah,bentuk mata,ukuran hidung ,bibir,jerawat di pipi...rasanya semuanya mengecewakan.dan hari itu setelah selesai berkaca,rasanya kaki terasa berat untuk melangkah karena merasa tidak percaya diri dengan kondisi fisik yang dimiliki,tidak bisa menerima kondisi diri seperti itu
Kita sering membanding bandingkan diri kita dengan orang lain;mengapa saya tidak sepandai kakak saya?'mengapa saya tidak sekaya teman saya?;dan sebagainya.Umumnya orang cenderung melihat dirinya sebagai orang yang kurang beruntung,sedangkan orang lain berada dalam pihak yang beruntung,bernasib baik,sukses,bahagia dan sebagainya.Lalu mulailah mengandai ngandai;andai saya sesukses dia,'andai saya sekaya dia,'andai saya sepintar dia.'andai saya sehebat dia,'dan sebaginya...,betapa bahagianya saya...'

Keasykan membanding bandingkan diri dengan orang lain,membuat kita jadi lupa melihat diri kita sendiri,bahkan kita takut memandang diri kita sendiri.Takut melihat hal hal dalam diri kitasendiri.Akibatnya,yang kita lihat adalah orang lain dan bukan diri kita sendiri.Dan lebih lagi,orang yang kita jadikan pembanding merasa tidak punya kelebihan.Kalau kita membanding bandingkan diri kita sendiri dengan orang lain seperti itu,apakah mungkin kita akan menyukai diri kita sendiri.Prilaku seperti ini jelas memperlihatkan sikap tidak realistis dalam memandang dan memahami diri sendiri,yang mengakibatkan kegagalan besardalam menerima dan berdamai dengan diri sendiri[bersifat qonaah]

Setiap manusia dikaruniani anugerah kelebihan tertentu [spesifik] tapi yang semua orang bisa memiliki adalah kejujuran,keberanian,ketekunan,kemurahan hati dan kerendahan hati serta solidaritas.Hal tersebut tidak lahir dengan sendirinya,namun dari diri kita yang mau mengembangkan kelebihan kelebihan tersebut.Kalau kita memiliki kemauan untuk mengembangkan diri kita,maka kita akan bersyukur,senang dan bangga menerima diri kita.

Demikianlah artikle penerimaan diri apa adanya adalah modal awal untuk sukses semoga bermanfaat bagi semuanya selanjitnya apa yang membuat kita sulit untuk meneerima diri sendiri

dimohon saranya terimakasih