hidup hemat dan kerja keras sebagai proses belajar kita masing masing
Secara psikolog,proses belajar diawali dengan memahami 4 tingkat [1]tidak sadar dan tidak tahu [2]sadar tapi tidak tahu menuju pada tingkat [3]sadar dan tahu dan [4] tidak sadar tapi tahu
1.tidak sadar juga tidak tahu:dia menyadari bahwa dirinya memang tidak tahu
2.sadar tapi tidak tahu:secara sadar memang dirinya tidak tahu
pada nomer satu dan dua orang tidak akan melakukan apa2 sehingga tidak ada perubahan
3.sadar dan tahu:secara sadar dia faham cuma belum otomatis tahu dengan dirinya
4.tidak sadar dan tidak tahu:secara tidak sadar cuma belum otomatis bahwa sesungguhnya dirinya tahu
pada tingkat ke tiga orang akan melakukan suatu tindakan dengan cara melakukan latihan2 dan mempersungguh dengan apa yang ia pelajarinya.
sedangkan tingkat empat orang telah mempraktekan dalam hidupnya dan sudah otomatis pada apa yang telah dipelajarinya.pada tingkat ini apa yang telah dipelajari sudah otomatis dan merupakan target yang ingin di capai
pola hidup hemat dan kerja keras adalah salah satu kelakuan yang dapat di pelajari dengan pendekatan belajar seperti diatas yang tadinya kita tidak sadar dan tidak tahu ata sadar dan tidak tahu bahwa hidup pola hemat dan kerja keras itu diperlukan untuk mendukung keberhasilan hidup.dengan nasehat pengarahan dan contoh contoh yang diberikan,kita menjadi sadar dan tahu bahwa hidup hemat dan kerja keras itu perlu kita lakukan.kesadaran akan perlunya menerapkan pola hidup hemat dan kerja keras mendorong kita untuk melatih diri dan mempersungguh dalam melaksanakan hidup hemat dan kerja keras untuk sehari hari,ketika kita sudah mengerjakan pola hidup hemat dan kerja keras secara terus menerus dalam setiap lini kehidupan sehari hari berarti kita telah mencapai tingkatan tidak sadar tapi tahu.dalam hal ini berarti hidup hemat dan kerja keras telah otomatis terinternalisasi pada kehidupan sehari hari kita
Menurut albert bandura pada umumnya manusia belajar melalui penglihatan kemudian meniru apa yang telah dilihatnya,para remaja banyak mencontoh dari orang dewasa dan temanya.hal ini juga berlaku bagi pola hidup hemat dan kerja keras,oleh karena itu apa bila ada remaja yang dituntut supaya bisa hidup hemat dan kerja keras akan kesulitan karena hidup dikalangan orang yang konsumtif.dengan cara langsung memberikan teladan kepada remaja tentang hidup hemat dan kerja keras yang dialaminya akan jauh lebih mengena dari pada hanya menjelaskan dari sikap dan lisan.
untuk itu kita sebagai orang yang dituakan supaya bisa memberi contoh secara langsung kepada mereka tentang cara hidup hemat dan kerja keras dalam hidup keseharian kita supaya mereka bisa menangkap dengan mudah tentang apa yang harus mereka lakukan supaya bisa hidup kerja keras dan hemat.
Selain itu,generasi tua perlu memberikan dorongan kepada mereka,generasi tua perlu memberikan kesempatan pada mereka untuk mencoba kemampuanya masing2.sebaliknya dalam diri mereka remaja juga harus tertanam motivasi dalam dirinya.
Secara psikolog,proses belajar diawali dengan memahami 4 tingkat [1]tidak sadar dan tidak tahu [2]sadar tapi tidak tahu menuju pada tingkat [3]sadar dan tahu dan [4] tidak sadar tapi tahu
1.tidak sadar juga tidak tahu:dia menyadari bahwa dirinya memang tidak tahu
2.sadar tapi tidak tahu:secara sadar memang dirinya tidak tahu
pada nomer satu dan dua orang tidak akan melakukan apa2 sehingga tidak ada perubahan
3.sadar dan tahu:secara sadar dia faham cuma belum otomatis tahu dengan dirinya
4.tidak sadar dan tidak tahu:secara tidak sadar cuma belum otomatis bahwa sesungguhnya dirinya tahu
pada tingkat ke tiga orang akan melakukan suatu tindakan dengan cara melakukan latihan2 dan mempersungguh dengan apa yang ia pelajarinya.
sedangkan tingkat empat orang telah mempraktekan dalam hidupnya dan sudah otomatis pada apa yang telah dipelajarinya.pada tingkat ini apa yang telah dipelajari sudah otomatis dan merupakan target yang ingin di capai
pola hidup hemat dan kerja keras adalah salah satu kelakuan yang dapat di pelajari dengan pendekatan belajar seperti diatas yang tadinya kita tidak sadar dan tidak tahu ata sadar dan tidak tahu bahwa hidup pola hemat dan kerja keras itu diperlukan untuk mendukung keberhasilan hidup.dengan nasehat pengarahan dan contoh contoh yang diberikan,kita menjadi sadar dan tahu bahwa hidup hemat dan kerja keras itu perlu kita lakukan.kesadaran akan perlunya menerapkan pola hidup hemat dan kerja keras mendorong kita untuk melatih diri dan mempersungguh dalam melaksanakan hidup hemat dan kerja keras untuk sehari hari,ketika kita sudah mengerjakan pola hidup hemat dan kerja keras secara terus menerus dalam setiap lini kehidupan sehari hari berarti kita telah mencapai tingkatan tidak sadar tapi tahu.dalam hal ini berarti hidup hemat dan kerja keras telah otomatis terinternalisasi pada kehidupan sehari hari kita
Menurut albert bandura pada umumnya manusia belajar melalui penglihatan kemudian meniru apa yang telah dilihatnya,para remaja banyak mencontoh dari orang dewasa dan temanya.hal ini juga berlaku bagi pola hidup hemat dan kerja keras,oleh karena itu apa bila ada remaja yang dituntut supaya bisa hidup hemat dan kerja keras akan kesulitan karena hidup dikalangan orang yang konsumtif.dengan cara langsung memberikan teladan kepada remaja tentang hidup hemat dan kerja keras yang dialaminya akan jauh lebih mengena dari pada hanya menjelaskan dari sikap dan lisan.
untuk itu kita sebagai orang yang dituakan supaya bisa memberi contoh secara langsung kepada mereka tentang cara hidup hemat dan kerja keras dalam hidup keseharian kita supaya mereka bisa menangkap dengan mudah tentang apa yang harus mereka lakukan supaya bisa hidup kerja keras dan hemat.
Selain itu,generasi tua perlu memberikan dorongan kepada mereka,generasi tua perlu memberikan kesempatan pada mereka untuk mencoba kemampuanya masing2.sebaliknya dalam diri mereka remaja juga harus tertanam motivasi dalam dirinya.
dimohon saranya terimakasih