kkumpulan doa doa islami
Thursday, May 10, 2018

sebutkan golongan yang berhak menerima zakat

Orang yang Berhak Menerima Zakat
Orang yang berhaq menerima zakat adalah oarang yang mana ketika dia belum kebagian bisa minta pada orang yang mengurusi zakat disekitarnya beda dengan orang yang boleh kebagian zakat tapi tidak berhaq

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ وَعَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ قَالَ قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا شَرِيكٌ وَقَالَ عَلِيٌّ أَخْبَرَنَا شَرِيكٌ وَالْمَعْنَى وَاحِدٌ عَنْ حَكِيمِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ سَأَلَ النَّاسَ وَلَهُ مَا يُغْنِيهِ جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَمَسْأَلَتُهُ فِي وَجْهِهِ خُمُوشٌ أَوْ خُدُوشٌ أَوْ كُدُوحٌ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا يُغْنِيهِ قَالَ خَمْسُونَ دِرْهَمًا أَوْ قِيمَتُهَا مِنْ الذَّهَبِ

650. Qutaibah dan Al Hujr menceritakan kepada kami, Syarik menceritakan kepada kami bahwa Ali berkata, "Syarik menceritakan kepada kami dengan maksud yang sama dari Hakim bin Jubair, dari Muhammad bin Abdurrahman bin Yazid, dari ayahnya, dari Abdullah bin Mas'ud, ia berkata, 'Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa meminta-minta kepada sesama orang sedangkan ia mempunyai harta yang cukup, maka pada hari Kiamat ia datang dan apa yang ia minta akan berwujud tamparan, garukan, atau cakaran pada mukanya". Ditanyakan kepada Rasulullah SAW, "Wahai Rasulullah SAW, berapa harta yang cukup itu? " Beliau bersabda, "Lima puluh Dirham atau emas yang seharga dengannya. " Shahih: Shahih Abu Daud (1438) dan Al Misykah (1847)
Ia berkata, "Pada bab ini ada hadits yang diriwayatkan pula dari Abdullah bin Amr." Abu Isa berkata, "Hadits Ibnu Mas'ud adalah hadits hasan." Syu'bah pernah membicarakan tentang Hakim bin Jubair perihal hadits ini.
651. Mahmud bin Ghailan menceritakan kepada kami, Yahya bin Adam memberitahukan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami dari Hakim bin Jubair ... dengan hadits ini, kemudian Abdullah bin Utsman -teman Syu'bah- berkata kepadanya, "Seandainya bukan Hakim yang menceritakan demikian. " Kemudian Sufyan berkata kepada Syu'bah tentang hal ini, "Ada apa dengan Hakim, hingga seseorang tidak boleh meriwayatkan darinya?" Ia berkata, "Tidak." Ia berkata, "Ya." Sufyan berkata, "Ya, aku mendengar Zubaid menceritakan hal ini dari Muhammad bin Abdurrahman bin Yazid." Sebagian sahabat kami sepakat untuk mengamalkan hadits ini. Ats-Tsauri, Abdullah Ibnu Al Mubarak, Ahmad, dan Ishaq berpendapat seperti itu, mereka berkata, "Apabila seseorang mempunyai lima puluh Dirham, maka zakat itu tidak halal baginya." Sebagian ulama tidak sependapat dengan hadits Hakim bin Jubair, tetapi mereka memperluas dalam masalah ini. Mereka berkata, "Apabila ia mempunyai lima puluh Dirham atau lebih, dan ia membutuhkannya, maka ia boleh mengambil zakat." Asy-Syafi'i, ahli fikih, dan ulama yang lain berpendapat seperti itu.

dimohon saranya terimakasih